Translate

Rabu, 29 Mei 2013

Ransangan PTK


Jenis dan Disain Penelitian
Anda binggung mau PTK!?
Pangkat tidak naik2
Ikut lomba guru prestasi, tidak menang2
Setiap menghidupkan leptop semua ide hilang alias blank
hati-hati...Anda telah mengidap penyakit "blank"
segera konsultasi ke PLATO
Jenis penenlitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan desain PTKnya menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, dimana PTKnya dilakukan dengan proses yang dinamis dan komplementari yang terdiri dari empat momentum atau prosedur dalam melakukan penelitan.
Didalam buku Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas oleh (Kunandar, 2008 : 71-75) diuraikan mengenai empat prosedur dalam melakukan PTK ala Kemmis dan Mc Taggart tersebut.
PTK didefinisikan sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan. Tindakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas sehari-hari, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi di mana praktik-praktik pembelajaran tersebut dilakukan. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, PTK dilaksanakan dalam proses berdaur (cyclical) yang terdiri dari empat tahapan, perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation/evaluation), dan refleksi (reflection).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar