Translate

Jumat, 31 Mei 2013

Motivasi Andre Wongso


 
 sudah baca masih tidak mau mencatat!? 

Pentingnya Mencatat
Penulis : Tim AndrieWongso

Ada tips dari seorang motivator yang dulunya Olympian (atlet yang bermain di Olimpiade) yaitu Ruben Gonzalez (Argentina, atlet seluncur es). Ia adalah atlet pertama di dunia yang bisa berlaga di empat Olimpiade musim dingin di empat dekade yang berbeda yaitu dekade 1980-an (1984), dekade 1990-an (1998), dekade 2000-an (2002), dan dekade 2010-an (2010).
Prestasinya itu luar biasa mengingat saat ikut Olimpiade terakhir ia sudah berusia 48 tahun. Namun ada satu kunci suksesnya yang sering ia bagikan ke peserta seminarnya. "Catat setiap target yang ingin dicapai" katanya.

Menurut dia, pengaruh besar mencatat target itu terlihat dari hasil penelitian. Pada tahun 1960 Harvard Business School melakukan penelitian terhadap para alumninya yaitu apa yang terjadi setelah 20 tahun mereka lulus. Ternyata 3% dari lulusannya itu secara kumulatif memiliki kekayaan setara dengan total kekayaan yang dimiliki 97% lulusan lainnya.
Rahasianya sederhana saja. Mereka yang 3% itu memiliki kebiasaan mencatat setiap target yang ingin mereka kejar. Karena itu, Ruben selalu mengajarkan, jangan lupa catat setiap target yang ingin dicapai meski itu dalam kertas seukuran kartu nama. Apa pun, termasuk keinginannya lolos ke Olympiade. Dan meski ia tak berhasil meraih medali, pencapaiannya di Olimpiade sudah merupakan pencapaian luar biasa yang tak bisa dicapai atlet lain sejauh ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar